Cari Blog Ini

Jumat, 21 Juli 2023

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

 
                                    Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

KPU sebagai lembaga independen yang menjadi pelaksana teknis penyelenggaraan pemilu mengeluarkan regulasi di setiap tahapannya sehingga kesannya peraturannya banyak sekali dan rasa-rasanya mustahil untuk mendalaminya sekalipun sudah mengerahkan juru Kagebunshin No jutsu karena yang akan dipilih bukanlah Hokage yang akan memerintah Konoha seumur hidupnya akan tetapi yang akan kita pilih adalah Presiden dan Wakil Presiden  yang akan memerintah di republik ini lima tahun kedepan.

Menjadi anggota badan adhoc penyelenggara Pemilu  tingkat kecamatan mempunyai tantangan tersendiri. Tantangan ini salah salah satunya adalah mempelajari, memahami dan (kalua bisa) menguasai hukum dan perundang-undangan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu. Salah satu divisi yang ada dalam badan adhoc adalah Divisi Hukum dan Pengawasan. Sesuai dengan Namanya maka anggota badan adhoc yang membidangi divisi hukum dan pengawasan seharusnya mempunyai penguasaan terhadap regulasi yang mengatur setiap tahapan. Namun hal ini bagi sebagian orang bukanlah hal mudah karena membaca regulasi yang demikian banyak bisa membuat burn out ditambah lagi  dengan masa kerja yang singkat, terhitung 15 (lima belas) bulan. Situasi Burn out biasnya dialami oleh penyelenggara dengan latar belakang ilmu hukum ‘nyaris nol”. Mempelajari, mendalami, dan menguasai regulasi bagi penyelenggara menjadi hal yang sifatnya tricky sehingga diperlukan beberapa tips dan trik dalam pelaksanaannya. Ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan agar bisa mengemban amanah sebagai anggota PPK Divisi Hukum dan Pengawasan, yaitu :

1.     Pelajari regulasi sesuai  dengan tahapan yang sedang berjalan. Tips ini saya dapatkan dari salah seorang Komisioner KPU  Kabupaten/Kota dan sudah saya coba praktekkan, Alhamdulillah hasilnya cukup signifikan.

2.     Rangkum peraturan tersebut sehingga memuat poin penting. Hal ini akan memudahkan dalam berkonsentrasi dan memahami

3.     Buatlah bentuk lain dari regulasi tersebut, misalnya presentasi, infografis, komik dan lain-lain. Hal ini bisa dilakukan terutama bagi yang punya gaya visual auditori dimana pemahaman akan lebih mendalam ketika menggunakan media nonteks. Intinya kita paham dengan peraturan.

Demikian tips dan trik yang bisa dibagikan semoga bisa menjadikan kita penyelenggara yang terjaga integritasnya karena Pemilu 2024 adalah sarana integrasi bangsa. Salam Demokrasi.

 Balaesang, 22 Juli 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...