Cari Blog Ini

Senin, 24 Juli 2023

Ki Hajar Dewantara dan Jiraiya Sannin. Ada Apa di antara Mereka?

 



Ki Hajar Dewantara dan Jiraiya Sannin. Ada Apa di antara Mereka?

Ki Hajar Dewantara, siapa yang tak kenal beliau. Beliau adalah Pahlawan Nasional peletak dasar pendidikan di negeri ini yang sampai hari ini pemikirannya hebatnya tentang pembelajaran yang berpusat pada murid begitu menginspirasi hingga dijadikan program nasioanl. Sementara Jiraiya Sannin adalah seorang tokoh anime dalam serial Naruto besutan Masashi Kishimoto. Apa yang dilakukan oleh Jiraiya Sannin kepada muridnya sejalan dengan merdeka belajar yang merupakan inti pemikiran Ki Hajar Dewantara. Lalu, diamana persamaannya? Mari kita lihat.

Pertama, bernalar kritis dan Problem Solving Jiraiya Sannin kerap mengajak Naruto pergi mengembara. Dalam pengembaraan itu Jiraiya Sannin memperkenalkan Naruto bahwa dunia luar seperti ini adanya dan megajarkan muridnya itu cara bertahan di dunia yang sesungguhnya. Bukankah ini menggambarkan bahwa hidup di dunia sesungguhnya akan menemui masalah sehinnga diperlukan kebijaksanaan dalam menganalisis masalah kemudian menemukan penyelesaiannya. Hal ini terkait dengan nalar kritis dan Problem Solving.

Kedua, berpusat pada murid. Jiraiya Sannin dalam membimbing tidak saja berperan sebagai orang tua namun juga sebagai mentor yang mengarahkan muridnya untuk mengembangkan potensinya. Jiraiya Sannin tidak memaksa Naruto mengenai jutsu yang akan dipelajari akan tetapi memperkenalkan beberapa  jutsu elemen angin mengingat elemen jutsu Naruto adalah angin. Jiraiya adalah salah seorang Shinobi terkuat yang paling banyak menguasai jutsu diantara para shinobi dan muridnya diminta memilih jutsu mana yang akan diperdalam. Bukankah ini juga sejalan dengan prinsip merdeka belajar dimana guru mengenali karakter dan potensi yang dimiliki oleh muridnya kemudian memberikan kebebasan bagi murid untuk memilih cara dalam mengembangkan potensi tersebut. Terbukti bahwa di  bawah bimbingan Jiraiya Sannin Naruto menjadi salah satu Shinobi yang paling cepat dalam mengembangkan jutsunya. Sebut saja Jutsu Sharin gan bisa dikembangkan menjadi Sharin Shuriken.

Ketiga, pembelajaran karakter. “tempat di mana seseorang masih memikirkanmu adalah tempat yang dapat kamu sebut rumah" adalah salah satu nasihat yang disampaikannya. Dari situ bisa terlihat bagaimana karakter peduli diajarkan oleh Jiraiya Sannin.

Pendampingan yang dilakukan oleh Jiraiya Sannin terhadap Naruto terbukti bisa membawa Naruto pada kesuksesan dalam perang dunia shinobi dimana jutsu yang paling banyak digunakan adalah Rasen Shuriken dan puncaknya ketika menjadi Hokage di Konoha sebagai Minato ayahnya yang juga merupakan murid Jiraiya Sannin.

Balaesang, 24 Juli 2023

5 komentar:

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...