Cari Blog Ini

Selasa, 28 November 2023

Refleksi; Guru yang berhenti belajar sebaiknya berhenti mengajar.


Augmented Reality sebenarnya bukan lagi hal baru. Hal ini dapat dilihat dari penggunaannya pada kartu yang biasa disematkan dalam makanan anak-anak sebut saja cho**-cho** dimana kartu itu bisa dipindai dengan aplikasi tertentu untuk memunculkan gambar animasi. Namun bisa jadi bagi sebagian guru ini adalah teknologi baru yang kemudian menginspirasi agar diterapkan dalam perancangan media pembelajaran.
Salah satu faktor yang membuat sebuah pembelajaran menjadi menyenangkan adalah dengan menghadirkan media pembelajaran yang disenangi oleh murid  salah satunya adalah penerapan Augmented Reality. Augmented Reality memungkinkan murid untuk melihat lebih dekat dengan materi pelajaran yang abstrak sebut saja organ pencernaan atau sistem tata surya. Dengan menggunakan Augmented Reality maka materi pelajaran yang tadinya tidak bisa dilihat karena sangat kecil seperti bakteri atau materi yang sangat besar seperti plenet ataupun materi yang tersembunyi seperti organ pernapasan dapat diamati secara riil. Dari pengamatan secara riil ini diharapkan agar pemahaman murid terhadap materi pelajaran yang disajikan bisa lebih mendalam. Mengingat bahwa teknologi Augmented Reality merupakan hal baru bagi sebagian guru maka digagaslah pelatihan Merancang media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) oleh Komunitas Belajar Klik Siber yang dilakukan secara daring dan dihadiri oleh 50 orang peserta. Tahapan perancangan AR meliputi rencana ide, desain marker, visualisasi 2D/3D, Publish, generate, dan share. 

Aspek evaluasi dan pengukuran efektivitas media pembelajaran AR juga akan dibahas, memungkinkan peserta untuk menilai sejauh mana media pembelajaran yang mereka rancang dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pelatihan ini dapat melibatkan proyek praktis di mana peserta merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran AR untuk topik atau mata pelajaran tertentu.

Pelatihan ini akhirnya ditutup dengan qoutes yang menyentuh bahwa "Guru yang tidak mau atau berhenti belajar sebaiknya berhenti mengajar"

Balaesang, 29 November 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...