Cari Blog Ini

Jumat, 22 Desember 2023

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih; Pemilu Sarana Integrasi Bangsa

 


Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kecamatan Balaesang menjadi tajuk acara yang pagi ini berlangsung di Aula kantor kecamatan Balaesang dan dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat di antaranya adalah para tokoh masyarakat, tokoh perempuan, unsur pemerintah, Komisioner KPU Kabupaten Donggala Divisi Hukum dan Pengawasan serta TNI/Polri.

Acara ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat batapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu untuk menentukan arah masa depan negeri ini. Dalam sambutannya, komisioner KPU kabupaten Donggala Divisi Hukum Dan Pengawasan mengatakan bahwa ada beberapa macam golput di antaranya adalah Golput teknis, Golput politis, golput teknis politis, dan golput ideologis. Beliau juga menjelaskan tentang peran pemerintah dalam pemilu sebagaimana tercantum dalam UU No.7/2017 yaitu:
1. Meningkatkan partisipasi masyarakat
2. Membantu distribusi pemilih.

Setelah pembukaan, acara kemudian dilanjutkan  dengan sosialisasi dan Pendidikan Pemilih. Ada perbedaan antara sosialisasi dan pendidikan Pemilih yaitu sosialisasi adalah proses penyampaian informasi pemilu dan pemilihan sedangkan pendidikan pemilih adalah proses penyampaian informasi pemilu atau pemilihan kepada pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran pemilih tentang pemilu dan pemilihan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Selain hal di atas, ada beberapa poin yang disampaikan antara lain informasi tentang peserta pemilu (PPWP/DPD/DPR RI/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten, Daerah pemilihan, tahapan pemilu, tata cara pemberian suara. Tak lupa pula beliau mengingatkan bahwa Pemilu adalah sarana integrasi bangsa.

Balaesang, 23 Desember 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...