Cari Blog Ini

Jumat, 30 Juni 2023

Ikhtiar Awal Menggapai Mimpi

 


Penulis : Lis Andriani

Judul : Ikhtiar Awal Menggapai Mimpi

Resume ke : 6

Gelombang : 29

Tema : Teknis Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id

Narasumber : Raimundus Bryan Prasetyawan, S.Pd

Melintasi sebuah toko buku ternama di kotaku, aku tertegun ketika sekias kuihat namaku tercetak di punggung salah satu buku yang terpajang di etalase paling depan. Kutajamkan netraku. Ya, benar itu nama yang disematkan oleh orang tuaku dan selama 42 tahun menjadi judul identitas ku. Tiba-tiba aku terkejut. Kuusap wajahku sembari melantunkan kalima istighfar. Klakson panjang dari arah berlawanan membawa kembali lamunan dari kembara alam lain. Aku berada di toko buku terkenal, benar. Aku sedang menatap buku di etalase terdepan,benar. Namun bukan namaku yang tercetak di lunggung buku itu. Rupanya aku menghayal, membayangkan mimpiku yang jadi nyata.

Bergabung dengan KBMN merupakan salah satu ikhtiarku agar mimpi kepenulisan ku mewujud mewujud. Malam ini adalah pertemuan keenam, berarti sudah dua Minggu aku menjalani pelatihan.  Di pertemuan keenam ini kembali tim KBMN menghadirkan moderator kece dan narasumber keren untuk memantik semangat peserta. Narasumber kali ini adalah pimpinan redaksi Melintas.id, Raimundus Bryan Prasetyawan, didampingi oleh moderator Arofiah Afifi,S.Pd

Memberikan nilai tambah yang tidak saja berupa penghasilan namun juga sebagai wadah untuk pengembangan diri dalam hal menulis merupakan tujuan awal didirikannya Melintas.id. Melintas.id merupakan salah satu situs portal berita sehingga mempunyai gaya tulisan tersendiri yang berbeda dari penulisan blog, buku, karya ilmiah dan lain-lain. Melintas.id menyediakan sepuluh rubrik yang dapat dimanfaatkan oleh penulis yang kebanyakan terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas yang menjadi peserta KBMN untuk mengekspresikan dirinya melalui tulisan. Melintas.id yang merupakan akronim dari  Media Literasi Nusantara Semaja mempunyai  dua kategori penulis yaitu penulis lepas dan penulis tetap. Penulis lepas tidak dituntut target sedangkan penulis tetap yang terdiri dari tiga jenjang yaitu Calon Content Creator, Content Creator yang masing-masing ditarget 15 tulisan perbulan. Calon Content Creator dan Content Creator belum mempunyai nama sendiri namun masih menumpang pada nama editor. Adapun jenjang tertinggi adalah Author dengan target 20 tulisan perbulan dan sudah mempunyai nama sendiri sehingga bisa dikatakan sudah menjadi penulis seutuhnya dari Melintas.id. Adapun tata cara menulis di Melintas.id bisa dibaca pada tautan https://www.melintas.id/literasi/34688327/ketentuan-dan-cara-mengirim-tulisan-ke-media-online-melintasid. Demikian resume pertemuan malam ini.

Untunglah gelegar klakson tadi menyadarkan ku karena kalau tidak maka kesempatanku untuk meraih mimpi akan padam.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...