Cari Blog Ini

Jumat, 23 Juni 2023

Trik Cepat Menulis Resume

 




Penulis  : Lis Andriani

Judul : Trik Cepat Menulis Resume

Resume ke  : 3

Gelombang : 29

Tema : Trik Cepat Menulis Resume

Narasumber : Raliyanti, S.Sos.,S.Kom.,M.Pd

Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah. (Pramudya Ananta Toer)

Esok hari adalah hari terakhir sebelum libur tapi bukan berarti tugas sekolah jadi ‘sepi”. Sebaliknya tugas makin padat karena adanya PPDB dan persiapan bahan ajar jelang tahun ajaran baru. Disela-sela kesibukan itu aku masih menyempatkan diri untuk mengikuti pertemuan di grup KBMN agar nantinya bisa menulis dan mengumpulkan resume. Pertemuan pertama aku mengumpulkan resume diurutan ke-35, pertemuan kedua beranjak sedikit jadi urutan ke-19. Itupun setelah “pertarungan sengit” melawan sinyal yang malam ini enggan bekerjasama. Meskipun tidak ada aturan yang mengharuskan untuk mengumpulkan resume secara cepat namun ini menjadi tantangan bagi diriku sendiri. Seberapa aku menyerap informasi dan menuliskannya kembali.

Melihat teman-teman yang bisa mengumpulkan resume sesaat setelah narasumber mengucap salam penutup membuat aku diam-diam mengangkat dua jempol untuk mereka sambil bertanya dalam hati “Apa ya triknya sampai seperti itu?”. Malam ini terjawab sudah melalui materi yang diulas oleh Ibu Raliyanti, narasumber segudang prestasi.

Dalam pemaparannya, penulis 25 buku antologi dan 2 buku solo ini mengutip paparan dari Bunda Maesaroh, salah satu jebolan KBMN juga bahwa ada beberapa trik yang perlu dilakukan agar kita bisa menulis resume dengan cepat di blog, di antaranya adalah menulis narasi pembuka dan penutup yang berhubungan dengan materi. Hal kedua adalah menuliskan isi resume dengan paragraf pendek. Dan yang terakhir adalah menulis pernyataan narasumber dengan gaya paralelisme. Ow ya, jangan lupa menyisipkan kutipan karena ini akan menjadi “bumbu” yang menyedapkan tulisan.

Ibu Raliyanti juga menyempatkan diri untuk menyampaikan beberapa hal untuk memupuk mental baja agar menjadi penulis handal, yaitu :tanamkan sikap percaya diri, siap dengan segala kritikan serta bangun tulisan di beberapa blog. Dan satu hal yang harus selalu diingat adalah Hindari Plagiarisme.

 

Salam Literasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...