Cari Blog Ini

Kamis, 29 Juni 2023

SIMPONI Idul Adha


Penulis : Lis Andriani

Judul : SIMPONI Idul Adha 

Resume ke : 5

Gelombang : 29

Tema : Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber : Dail Ma'ruf, M.Pd

 Gema takbir menyusup di antara desau daun pohon Langsat di samping rumah. Sebuah SIMPONI yang hadir kembali setelah berbilang tahun tak kutemui. Aroma burasa dan nasu  palekko (masakan khas Bugis saat lebaran) yang masih mengepulkan asap menambah riuh SIMPONI Idul Adha tahun ini.  Kesyahduan malam takbir tak membuatku melupa pada jadwal pelatihan KBMN. Kegiatan yang bertema Blog Sebagai Media Pembelajaran, malam ini di gawangi oleh Ibu Helwiyah, S.Pd., M.M sebagai moderator dan Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd sebagai narasumber. 

Pandemi Covid-19 memaksa kita sebagai pendidik untuk memanfaatkan teknologi agar pembelajaran tetap terlaksana. Salah satu teknologi yang memiliki peran dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah blog. Blog pada awalnya diperkenalkan oleh Jhon Barger dengan sebutan weblog untuk mengkhususkan website yang bersifat pribadi dan dipergunakan untuk menuliskan tentang aktivitas keseharian, curhat, puisi dan lain-lain. Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa blog tidak saja digunakan untuk untuk keperluan pribadi tapi sudah merambah ke ranah publik. Kini sudah bermunculan blog publik, misalnya blog hukum, blog kesehatan, blog sastra dan lain sebagainya. Blog-blog tersebut berkonsentrasi pada pembahasan tertentu sesuai namanya. Tak ketinggalan pula dunia pendidikan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Blog pendidikan biasanya memuat materi ajar yang mudah diakses oleh siapa pun di seluruh dunia. Salah satunya adalah bisa digunakan sebagai tempat ulangan dimana jawaban diisikan pada kolom komentar.  Agar para siswa tertarik untuk mengakses blog maka perlu sering diadakan pembaharuan pada tampilan blog serta menyesuaikan tampilan blog dengan 'pangsa pasar' blog kita. Misalnya , jika 'pangsa pasar' kita adalah siswa TK/SD dan sederajat maka tampilannya perlu diperkaya dengan gambar kartun full color. Begitu pula jika 'pangsa pasar' kita adalah siswa SMP/SMA yang notabene adalah remaja maka tampilannya juga menyesuaikan dengan dinamisnya dunia remaja dan memperkayanya dengan  tantangan.
Sebagaimana media lainnya, pengguna blog juga memberlakukan etika misalnya memilih hal-hal yang patut dan tidak patut untuk diposting. Efektivitas pengunaan blog sebagai media pembelajaran tergantung pengkondisian. Adapun tingkat keberhasilan bisa diukur dengan membandingka hasil yang diperoleh sebelum dan sesudah menggunakan blog. Demikian pembelajaran malam ini dilakukan di sela persiapan hari raya esok.
Kututup gawai dan  kembali menengok  persiapan idul adha esok hari. Pakaian bersih untuk anak-anak, kue kering dalam toples, paket burasa dan nasu palekko. Semuanya telah kupastikan siap. Aku beranjak ke peraduan dengan tenang, menyongsong hari raya. Selamat tidur, semesta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...