Cari Blog Ini

Senin, 19 Juni 2023

Terbangun Tengah Malam, Menulis dengan Hati


Penulis  : Lis Andriani

Judul : Terbangun Tengah Malam, Menulis dengan Hati

Resume ke  : 1

Gelombang : 29

Tema : Pertemuan Awal KBMN

Narasumber : Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd

Terbangun tangah malam  karena panggilan alam, kulirik jam di dinding kamar yang menunjukkan 02.15 dam sekembalinya ke peraduan mata tak lagi akrab dengan mimpi. tetiba ingatan mengusik bahwa malam tadi adalah perteman pertama KBMN yang  tak bisa kuikuti karena terkendala sinyal. Kubuka gawai, notifikasi grup KBMN menunjuk angka ratusan. Dengan sabar kubuka satu persatu meski tak bisa membacanya satu persatu (hehe..). 

'Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi' adalah kalimat pertama yang menyapa ketika membuka halaman awal postingan Om Jay yang malam ini menjadi narasumber. 

Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tak bisa dipisahkan. Menulis adalah proses yang diawali dengan memaksa diri sehingga pada akhirnya menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Finally, jadi kebutuhan. Proses ini membutuhkan kekuatan lain seperti penguasaan simbol grafis misalnya titik, koma, tanda tanya dan kai-lain.


 Lalu, bagaimana memulainya? Mulailah menulis dengan tiga alinea, pembuka, isi, penutup. Kegiatan ini bisa dilakukan pada blog gratisan yang full iklan. Yaah, namanya saja gratisan (hehe..). 

Apa yang harus kita tulis? Tulislah hal-hal yang anda kuasai karena dengan demikian tulisan anda akan mengalir , pesannya akan sampai kepada pembaca. Luruskan niat bahwa menulis untuk menebar mamfaat bagi orang lain. 

Jika tak ada ide? Menulislah tanpa ide. Tulislah apa yang ada di hadapanmu. Apa saja.

Jika malas, bosan dan kehabisan ide?  Bergaullah dengan teman-teman penulis, begabunglah dengan grup kepenulisan, jalan-jalan ke toko buku, beli buku best seller, jangan lupa baca karya tulis orang lain. Demikian tips dan trik yang dibagikan dalam kegiatan yang malam ini dimoderatori oleh Ibu Raliyamti



Salam literasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...