Cari Blog Ini

Jumat, 03 November 2023

Metode Pamasaran Baru Itu bernama Marketing 5.0

 

Penulis : Lis Andriani

Judul : Metode Pamasaran Baru Itu bernama Marketing 5.0

Resume ke : 21

Gelombang : 29

Tanggal : 11 Agustus 2023

Tema : Menjadi Penulis Buku Mayor

Narasumber : Joko Irawan Mumpuni

11 Agustus 2023, aroma peringatan Hari kemerdekaan semakin pekat namun Pelatihan Menulis KBMN terus berlanjut dengan tema yang semakin menarik. Malam ini KBMN menghadirkan narasumber yang tidak kalh hebat dari malam-malam sebeleumnya. Beliau adalah Joko Irawan Mumpuni, Direktur dari penerbit Andi, sebuah penerbit kategori mayor.

Kelas malam ini, narasumber menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan  Tulisan di atas membahas industri penerbitan sebagai bagian dari industri kreatif, di mana kolaborasi antara berbagai individu kreatif seperti penulis, editor, layouter, ilustrator, dan desain grafis penting. Beberapa masalah utama dalam penerbitan mencakup dampak pandemi, disintermediation, perubahan kurikulum, perubahan dalam proses pembelajaran, persaingan yang mengarah ke perang harga, perubahan perilaku pelanggan, dan penerapan pemasaran 5.0. Semua faktor ini menunjukkan kompleksitas dan perubahan yang terus-menerus dalam industri penerbitan, yang memerlukan adaptasi dan inovasi agar tetap relevan dan sukses.

Dalam pemaparannya, narasumber juga menjelaskan tentang pengertian  marketing 5.0, Marketing 5.0 adalah pendekatan pemasaran yang menggunakan teknologi untuk meniru perilaku manusia dalam menciptakan, berkomunikasi, dan meningkatkan nilai produk atau layanan di seluruh perjalanan pelanggan. Dalam konteks ini, naskah digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan ada tiga jenis naskah yang sering digunakan. Pertama, naskah dengan tema tak populer dan ditulis oleh penulis populer, untuk menarik perhatian dengan konten unik. Kedua, naskah dengan tema populer dan penulis terkenal, memanfaatkan tren yang ada. Terakhir, naskah dengan tema populer, ditulis oleh penulis tidak terkenal, memberikan sudut pandang yang segar. Dengan pendekatan ini, berbagai jenis naskah dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. 

 Bila kau bukan anak raja, juga bukan ulama besar, maka menulislah.” ( Al Ghazali ) . Demikian penutup dari narasumber.

 

Balaesang, 11 Agustus 2023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...