Cari Blog Ini

Rabu, 01 November 2023

Menyusun Buku Secara Sistematis

Penulis : Lis Andriani

Judul : Materi Buku Sudah Terkumpul. Lalu Apa?

Resume ke : 15

Gelombang : 29

Tanggal : 28 Juli 2023

Tema : Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber : Yulius Roma Patandean

Bulan Juli yang semakin mendekati ujung menjadi pertemuan ke-15 yang malam ini dibersamai oleh Yulius Roma Patandean sebagai narasumber.  Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis  menjadi topik menarik. Bagaimana tidak, meskipun bahan atau materi untuk menyusun buku sudah tersedia namun bingung harus memulai darimana. Untuk itu kita akan menuntaskannya malam ini.

Dalam proses menulis buku, salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah tentang bagaimana menyusun naskah secara sistematis. Naskah yang tersusun dengan baik akan memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, atau merombak isi naskah yang dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat.

Untuk membantu mengatasi tantangan ini, terdapat sejumlah aplikasi dan software yang dapat digunakan, seperti Mendeley dan Zotero. Aplikasi ini memungkinkan penulis untuk mengatur dan menyusun naskah buku secara sistematis, dengan mempermudah penambahan, pengurangan, dan penggabungan berbagai bab, sub bab, atau judul yang telah ditentukan.

Langkah-langkah praktis untuk menyusun buku secara sistematis dengan menggunakan fitur-fitur Mc. Word dapat kita secara detail dapat kita saksikan dalam link video berikut :

 https://youtu.be/eePQwyHAcjw

https://youtu.be/jXPr59aWJSc

https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Tentunya, setiap penulis memiliki cara tersendiri dalam menyusun naskah buku secara sistematis. Namun, tidak ada salahnya mencoba untuk membuat simulasi atau percobaan menggunakan fasilitas yang telah tersedia di PC, laptop, atau notebook teman-teman. Seringlah menengok naskah yang telah disusun, membacanya, dan melakukan perubahan jika diperlukan. Demikian penutup yang disampaikan oleh narasumber malam ini.

Dengan menyusun naskah buku secara sistematis, tidak hanya memudahkan tim editor di percetakan untuk menerbitkan buku, namun juga membuat penulis lebih percaya diri terhadap naskah yang telah dibuat. Seringnya membaca naskah buku saat proses penyusunan juga akan memberikan rasa percaya diri pada penulis bahwa naskah tersebut layak untuk diterbitkan.

Setiap permulaan dalam menulis buku pasti akan dihadapkan pada tantangan-tantangan. Namun, tantangan itulah yang membuat usaha menerbitkan buku semakin menarik dan bermakna. Dengan cara menyusun naskah buku secara sistematis, penulis memiliki kontrol yang lebih baik atas naskah mereka dan siap menghadapi tantangan-tantangan tersebut dengan percaya diri. 

Balaesang, 28 Juli 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...