Cari Blog Ini

Minggu, 06 Agustus 2023

Kiat Menulis Mudah

 


Penulis    : Lis Andriani

Judul        : Kiat Menulis Mudah

Resume ke    : 10

Gelombang    : 29

Tanggal        : 17 Juli  2023

Tema            : Menulis Itu Mudah

Narasumber    : Prof. Dr. Ngainun Naim

Horeee….ups, maksud saya Alhamdulillah.....sudah pertemuan ke 10 berarti sepertiga perjalanan di KBMN ini sudah terlalui. Pertemuan kali ini dinarasumberi oleh Bapak Prof. Dr. Ngainun Naim dengan mengangkat tema Menulis Itu Mudah. Benarkah semudah itu? Rasa-rasanya tidak mengingat ketika memulai kata dalam paragraf pertama begitu syulit…hehehe… itulah sebabnya narasumber hadir untuk memberikan tips dan trik agar mudah dan menulis.
Zaman teknologi sekarang dimana hampir semua orang sudah bisa mengakses internet bahkan sangat piawai dalam mengutak-atik sosial media maka bisa dipastikan bahwa mereka sudah melibatkan diri dalam dunia tulis menulis tanpa sadar ketika mengupdate status.  
Agar  menulis itu mudah maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah tulislah yang diketahui, bisa dari pengalaman sehari-hari. Lalu hal kedua adalah yakinkan diri kita bahwa menulis memang mudah. Mungkin inilah yang disebut kekuatan pikiran karena jika kita berpikir bahwa menulis itu mudah maka benar akan mudah sehingga hambatan yang ditemuai dalam menulis akan berubah menjadi tantangan. Hal selanjutnya atau ketiga adalah menulislah sedikit demi  sedikit yang penting konsisten. Selalu tanamkan dalam diri untuk menulis setiap ada kesempatan. Jangan jadikan alat  (komputer ataupun hape) sebagai hambatan dalam menulis. Jika kita lebih lincah menulis dengan tangan, lakukanlah. Hal berikutnya yang bisa dilakukan agar menulis itu mudah adalah tulis apa yang kita pikirkan. Jangan piker apa yang akan ditulis karena menulis adalah dunia  aksi bukan sekedar teori. Satu hal lagi yaitu jangan menulis sambal dibaca atau diedit, fokus saja untuk menulis. Seperti slogan 3M yang pernah dicetuskan oleh Aa Gym Mulailah dari diri sendiri, Mulailah dari hal kecil, Mulailah sekarang juga. Menulis akan mudah ketika dipraktikkan bukan didiskusikan. Demikian pertemuan mala mini.
Balaesang, 05 Agustus 2023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...