Cari Blog Ini

Senin, 07 Agustus 2023

Promosi Buku. Pentingkah?

 


Penulis : Lis Andriani

Judul : Promosi Buku. Pentingkah?

Resume ke : 19

gelombang : 29

tanggal : 07 Agustus 2023

Tema : Teknik Promosi Buku

Narasumber : Zainuddin, MM.,MNE

Gerimis masih merinai di luar sana. Dingin sisa hujan sore ini masih terasa. Secangkir kopi menamaniku melewati malam pertemuan KBMN ke-19 masih menyisakan uap hangat. Malam ini kebersamaan dengan narasumber penulis buku best seller Man Jadda wa Jada. Mengapa sebuah buku bisa menjadi best seller? Jawabannya adalah promosi. Lalu apa yang mesti kita lakukan untuk mempromosikan buku kita.

Sebagaimana produk lain, buku juga perlu dipromosikan agar dikenal oleh orang lain sebelum mereka tertarik dan yakin untuk membelinya. Ada 7 (tujuh cara) yang bisa dilakukan untuk promosi buku yaitu:

1.     Launching buku. Launching buku dapat dilakukan oleh penulis maupun penerbit baik secara luring maupun secara daring, dengan memamfaatkan acara live di media social.

2.     Bedah buku. Bedah buku adalah diskusi tentang isi buku. Ini juga bisa dilakukan luring maupun daring.

3.     Seminar atau pelatihan. Lagi-lagi bisa dilakukan secara luring atau pun daring.

4.     Membangun komunitas. Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang sesuai dengan tema buku kita. Komunitas membuat kita lebih dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkannya kepada pembaca.

5.     Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang yang menjualkan buku kita. Kita bisa memberikan 20%-30% dari hasil penjualn buku kita.

6.     Memasukkannya di marketplace. Semakin populernya marketplace akhir-akhir ini memudahkan kita dalam pemasaran. Situasi  ini  hendaknya kita mamfaatkan sebagai sarana promosi buku.

7.     Memamfaatkan media sosial. Keberadaan subscriber dan followers dapat dimamfaatkan untuk  promosi buku dengan memberkan informasi terkait buku kita. Bagikan apa yang mereka butuhkan terkait buku yang kita tulis. Jadi, pada dasarnya kita ini memengaruhi orang agar mereka mau menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. Dan memang, membaca akan banyak membuka wawasan, pengetahuan, dan pilihan dalam mengambil keputusan. Dengan bersama-sama membangun kebutuhan akan membaca, maka akan memudahkan kita dalam proses menjual buku.

Demikian cara yang bisa ditempuh untuk promosi buku.

 

Ba;aesang, 09 Agustus 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi ala Sulungku

Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu

                                               Tips dan Trik Belajar Hukum bagi Penyeleggara Pemilu KPU sebagai lembaga independen yang me...